Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Vite Dasar

Vite adalah sebuah alat yang digunakan untuk pembuatan ui secara cepat contoh singkat nya adalah pada saat kita sedang pada pembuatan project kita tidak perlu susah payah me reload page html kita secara manual karena sudah menggunakan local development server yang melakukan reload otomatis agar saat kita sedang megetik kode semua akan langsung tampil di jendela.

hal tadi di mungkinkan karena menggunakan tehnik SSR yang dimana semua di render telebih dahulu di sisi server lalu di tampilkan ini juga membuat load data semakin ringan dan kode yang kita ketikan serta pembuatan nya sangat efisien.

untuk memulai kalian bisa ketikan:

npm install --save-dev vite

atau

npm create vite

lalu berlanjut ke:

npm install

dibawah ini tailwind css bersifat opsional boleh diguankan ataupun tidak. kalo pake tailwind jangan lupa directive nya ya saran saya skip saja dulu bagian tailwind bagi yang belum pernah gunain tailwind.

npm install -D tailwindcss postcss autoprefixer

setelah selesai kalian bisa langsung jalankan menggunakan :

npm run dev

setelah tertampil arti nya kalian sudah bisa langkah tadi terjadi kegagalan sangatla kecil mengingat langkah yang dibuat sangatlah sedikit.

sebenar nya masih banyak lagi yang bisa dilakukan vite baik dalam sisi back-end integration nya juga vite terkenal karena memang digunakan untuk bundeling. selain itu bila kalian sudah pernah kenalan sama vue.js, next.js, dan react kalian akan cepat terbiasa dalam menggunakan vite.

sekian dan terimakasih sudah mengunjungi artikel saya.  

Posting Komentar untuk "Belajar Vite Dasar"