Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Penting Untuk Web Developer

Berikut ini saya akan memberikan informasi apa saja sih software penting yang harus dimiliki oleh para programmer/developer web yang harus dan wajib kalian gunakan untuk membuat aplikasi web. perisapan nya sendiri cukup mudah hanya cukup menggunakan beberpa aplikasi open-source gratis kalian bisa langsung siap untuk ngoding.

Google Chrome

Adalah sebuah bowser standar yang sudah pasti wajib digunakan oleh web developer ada beberapa usur penting yang mengharuskan kita sebagai web developer untuk menggunakan goole crhome. seperti yang kita tahu dukungan untuk browser ini sangat lah besar dan selalu mendapat update terbaru setiap dekade.

tak nya itu google chrome mempunyai engine, serta sistem integrasi yang sangat bagus yang kompatible untuk menjelajahi seluruh website di internet sehingga menjadikan nya enviroment terbaik untuk pengembangan aplikasi web. ini juga mengapa google chrome selalu menjadi standar industri di tiap perangkat.

Xampp

Tentu nya kita gak bisa lepas dari webserver untuk mengembangkan aplikasi web dengan banyak logika dan fungsi tentu nya perlu kamu tahu untuk menjalakan logika php yang digunakan oleh sebuah website xampp menjadi pusat untuk pembuatan/pencatatan basisdata yang ada pada website istilah nya kita buat apikasi web di xampp dulu.

baru nanti pada saat kita membeli hosting kita tinggal upload aplikasi nya serta basisdata nya sehinggka kalian gak buang2 uang untuk pengembangan web karena dibuat dulu di xampp baru diluncurkan nanti saat sudah siap di platform hosting.

Heidi Sql

Sebuah dbms yang berlisensi open-source alias gratis, aplikasi ini memudahkan kamu dalam mengelola data base, column, table, dll secara mudah dan gampang. karena seperti yang kamu tahu panel phpmyadmin bawaan pada xampp telihat seperti ui alien kamu gak pelu pusing lagi karena dbms ini lebih mudah digunakan bahkan yang belum belajar sql pun kalian coba dulu karena ini sangat membantu tingakat pemula dalam pengelolaan database.

Visual Studio Code

Aplikasi code editor serbaguna dilengkapi integrasi terminal, tema, extenison serta git support dengan code editor ini adalah standar utama industri dalam dunia coding dimana kamu bisa lebih nyaman serta bisa meyesuaikan ruang kerja kamu dengan enak bisa di custom sesuai kebiasaan dan kepeluan kamu ditambah kamu gak akan susah untuk ngepush project kamu ke github karena sudah ada tools bawaan dari code editor kamu yang membantu pull push dll alias gak pusing di terminal git.

Git

sebuah aplikasi terminal yang mejalankan berbagai integrasi seperti nodejs, atau penggunaan framwork lain pada kodingan kalian. git adalah terminal yang berfungsi sebagai alat bantu pada project kalian sebagai web devloper ini juga salah satu tools wajib yang harus terinstall pada komputer karena kegunaan nya sebagai pengatur dipency.

Github

Ini bukanlah sebuah aplikasi meski ada sih aplikasi nya ini adalah tempat kamu meyimpan pekerjaan alias tempat backup kodiingan mu biar aman dan bila laptop rusak kamugak panik karena kerjaan kamu ada di github. serta sebagai tempat kegiatan sehari2 kamu pada saat ngoding karena tempat nya kamu menemukan framewrok plungin tambahan dll. 

jika kamu sering pulpush di github akan ada seperti kotak hijau yang berfungsi seperti absen dan bila kamu melamar pakerjaan kalo dilihat sama hr nya absen ijo-ijo nya banyak gak kecil kemungkinan kamu di terima rekruter apalagi jika kamu punya banyak protofolio

Composer

Dispensi untuk bahasa pemrogaraman php yang digunakan sebagai alat development/pembuatan aplikasi web bila kamu menggunakan suatu framework saat ngoding kamu haus install dulu composer bila kamu tidak install framwork seperti codeigniter, laravel, dan npm gak akan bisa jalan dan akan percuma bila hanya git doang yang kamu install.

Node.js

Berfungsi sebagai alat backend yang membawa engine v8 yang ada pada goole crhome node js memiliki banyak kegunaan diantara nya sebagai API dan aplikasi terminal lain yang bersifat back end maupun front end. node js berjalan di bahasa javascript yang artinya node js ini juga berguna untuk meyimpan npm yang digunakan untuk berbagai keperluan yang meiliki banyak fungsi.

itu tadi adalah aplikasi penting yang harus dimiliki oleh setiap programmer namun tidak hanya itu saja yang terpenting adalah pembahaman kalian mengenai pengetahuan programmming serta displin secara rutin menulis kode setiap hari nya. saya harap kalian bisa menjadi programmer yang sukses terimakasih dan sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Penting Untuk Web Developer"