Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Routes Pada Codeigniter Dan Laravel

Pada saat kita menggunakan framework seperti codeigniter ataupun laravel banyak dari kalian pastinya bingung dikarenakan banyak tutorial yang menjelaskan tentang pembuatan model, controller, dan view memang ketiga hal ini sangatlah berkaitan namun ada hal yang sangat penting yang terlupa yaitu konfigurasi route.

pada saat kalian membuat program dengan framework tentu nya kalian bebas mengirim sebuah request baik itu menggunakan metode get untuk memanggil view atau menjalankan sebuah fungsi dari controller. nah berikut ini saya akan menjelaskan bagai mana cara mengatur routes untuk menampilkan tampilan dari view atau pun menjalankan fungsi dari controller saja.

Route Pada Codeigniter

Hal seperti route terdapat pada codeigniter versi 4 saja untuk yang versi 3 masih belum terdapat route pada versi ini untuk melakukan request tertentu pada url harus menggunakan route berikut ini adalah kode pada route yang bisa kalian gunakan baik untuk melakukan post, get, dan delete secara garis besar nya sering diguankan untuk membuat crud atau hal lain nya.

Route Pada Laravel

Nah hal yang satu ini gak lain dan bukan adalah laravel bisa kalian bilang juga framework yang cukup besar dan memiliki banyak integrasi namun lebih mudah dipelajari ketimbang codeigniter menurut saya. route sudah menjadi hal yang lumrah pada laravel sejak dulu berdasarkan pengalaman saya, ngoding saya malah jago di laravel duluan sebelum di codeigniter. berikut ini adalah kodingan route untuk laravel yah mungkin ada yang sudah tau tapi gpp.

Seluruh Method Pada Route

Saat pembuatan sebuat route kita tentu tidak lepas dari method apa yang akan digunakan dalam menjalankan route tersebut yang akan digunakan di URL meski terdengar rumit ini cukup sederhana berikut ini adalah metode yang di gunakan pada route.

Metode Get

Digunakan untuk mendapatkan url yang tipe get biasa nya digunakan untuk hanya menampilkan view tanpa data ataupun dengan mengambil data menggunakan (:num) di url serta /$1 pada fungsi yang sedang dijalankan yang berarti kita sedang mengirimkan sebuah parameter data.

kegunaan nya :

  • fetch data ke view
  • ambil data ke fungsi

Metode Post

Berfungsi untuk mengirim data input ke dalam fungsi yang nanti nya bisa kita terukan ke model untuk menyimpan ataupun merubah data. 

kegunaan nya :

  • insert data
  • updade data

Metode Delete

Tidak lain dan bukan hal ini sama-sama menggunakan metode get yang berbeda hanya nanti di controller nya kita buat fungsi delete data yang diteruskan ke model untuk menghapus data.

kegunaan nya :

  • hanya delete data

Metode Route Dengan Id

Metode ini ada di fungsi get dengan (:num) dan /$1 yang menandakan parameter tadi adalah id yang akan dikirm kesebuah fungsi yang akan kalian gunakan baik dalam logika ataupun eksekusi statment seperti edit dan delete.

Kegunaan Route

Route sendiri sangat berguna untuk menghandle process pada URL yang menggunakan metode tertentu dalam beroprasi. selain itu routing juga digunakan untuk SEO (Search Engine Optimization) dengan begitu search engine seperti google sangat mudah untuk mencari nya atau bisa dibilang supaya gampang di cari dan bisa mendapatkan banyak view, pengguna, pelanggan, pembeli dan sebagai nya.

akhir kata itu tadi adalah pembahasan singkat mengenai route yang digunakan pada proses routing pada url semoga tuturial saya tadi bisa membuka pemahaman kalian mengenai routing yang sangat jarang sekali dijelaskan pada tutorial di youtube semoga kalian terbantu dengan ilmu yang saya berikan kali ini terimakasih dan sampai jumpa lagi di postingan berikut nya.

Posting Komentar untuk "Routes Pada Codeigniter Dan Laravel"